• Sen. Jan 30th, 2023

    PUBLIKASI NASIONAL

    TEPAT AKTUAL TERPERCAYA

    Penyumbat Pipa Intake PDAM Mukomuko Setelah Diangkat- Ternyata Berisi Karung

    Mukomuko.Publikasinasional.com.Serasa tak masuk akal, barang ini menyumbat pipa intake atau pipa utama sumber air PDAM Tirta Selagan Mukomuko yang berada di hulu Sungai Selagan, Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko. Akibatnya, air PDAM yang didistribusikan ke kurang lebih 3.000 pelanggan sempat macet total Sabtu(7/1/2023) .

     

    Direktur PDAM Tirta Selagan Mukomuko, Sondri saat di konfirmasi menuturkan. Pihaknya beberapa hari ini setelah mengetaui air tidak lagi mengalir langsung memeriksa saluran pipa dan menelusuri aliran pipa, petugas PDAM Mukomuko akirnya menemukan, ternyata di akibatkan oleh beberapa karung bekas yang menutup bibir pipa intake .

    Pipa intake di hulu Sungai Selagan itu berfungsi mengalirkan air sungai ke penampungan. Kemudian setelah itu barulah air di alirkan hingga sampai ke rumah pelanggan.
    Yang membuat terkejut adalah barang yang menyumbat bibir lubang pipa intake PDAM Tirta Selagan Mukomuko. Seperti tak masuk akal kalau itu terjadi secara alami.

    Sondri juga menuturkan, berdasarkan laporan dari petugas PDAM, ada dua helai karung menutupi lubang pipa intake, yang tak masuk akal dua lapis karung itu seakan mengembang terlebih dulu menyentuh bibir pipa. Sehingga seluruh lubang pipa seukuran lebih kurang sebesar batang kelapa itu tertutup total,dan ini sudah terjadi kalau gak salah yang ketiga kali ,” jelasnya.

    Di jelaskan juga meskipun saluran sudah dibersihkan, akan tetapi air yang masuk ke penampungan, pelanggan belum kembali normal.

    “Hari ini, air sudah sampai lagi ke Kota Mukomuko akan tetapi belum bisa normal. Mudah-mudahan dalam beberapa hari kedepan, distribusi ke pelanggan bisa kembali normal.
    agar hal serupa tak terulang lagi pihaknya telah melakukan untuk membuat pengaman semacam pagar besi ke Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra VII.

    Perlu juga kita sampaikan bahwa kepemilikan pipa intake termasuk bendungan ini adalah milik BWS Sumatra VII. Bukan punya PDAM Mukomuko. Jadi untuk pengamanan, kami usulkan ke BWS. Mudah-mudahan bisa dikabulkan. Supaya tidak terjadi lagi hal serupa,” harap Sondri mengakiri //ag.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *